Minggu, 22 November 2015

Artikel Narkoba



Narkoba semakin merajalela di kalangan remaja dan anak-anak

Di indonesia terdapat banyak orang yang telah menjadi pecandu Narkoba, khusunya di kota Palu. Di kota Palu Narkoba semakin merajalela di berbagai kalangan khususnya di kalangan remaja dan anak-anak sebab di masa ini saatnya seseorang ingin mencoba segala sesuatu sehingga mereka terjebak dalam penyalagunaan Narkoba baik narkoba yang di lakukan dengan menyuntikan di dalam badan maupun yang berbentuk pil untuk di konsumsinya. Masa remaja Narkoba itu menjadi topik baru karena mereka tidak mengerti dengan apa sebenarnya itu narkoba ?. Narkoba itu singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya.Narkoba adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secaraoral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisikdan psikologis.Selain narkoba, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen KesehatanRepublik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif.
Di masa sekarang penyebaran narkoba sudah hampir tidak bisa untuk di cegah karena narkoba dengan mudah di dapat dari berbagai orang yang menjadi pengedar barang haram ini sehingga para remaja banyak terjerumus dalam mengonsumsinya. Dalam bergaul mereka seharusnya menyaring hal baik dan hal buruk agar mereka dapat terhindar dari hal-hal yang buruk seperti mengonsumsi narkoba. Para pengedar kadang menjual barang tersebut di daerah yang banyak pembeli seperti di sekolah, diskotik, tempat hiburan malam, dan tempat perkumpulan geng/komunitas sehingga membuat orang tua khawatir dengan merajalelanya narkoba di kalangan muda bahkan juga di kalangan anak-anak.
Dalam hal ini orang tua harus mengawasi dan mendidik anaknya untuk menjauhi narkoba sebab peran orang tua dalam upaya memberantas narkoba sangatlah berpengaruh terhadap masa depan anaknya dan ketika orang tua tidak peduli dengan pergaulan anaknya, maka sudah dipastikan anak tersebut akan terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba. Apabila  sudah terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba, itu akan sangat berbahaya bagi anak tersebut.  Jika terlalu lama dalam mengonsumsi narkoba akan mengakibatkan ketergantungan sehingga menimbulkan kerusakan organ dalam tubuh pengguna apabila lambat dalam mengatasinya dan jika sudah melebihi takaran maka pengguna itu akan overdosis dan akhirnya kematian. Orang tua dapat mengetahui apabila anaknya telah terjerumus dalam penggunaan narkoba karena ciri-ciri seperti perubahan dalam sikap (kepribadian), menurunnya kedispilinan, mudah tersinggung, cepat marah, sering menguap (mengatuk), menjadi malas, tidak memedulikan kesehatan dirinya sendiri dan suka mencuri untuk membeli narkoba, karena narkoba akan mempengaruhi pada tubuh pengguna baik, fisik maupun psikologi.
Dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba di kota Palu di harapkan kepada orang tua pada khususnya dan instansi pemerintah harus memberi informasi kepada masyarakat khusunya pada kalangan remaja dan anak-anak dalam melakukan kegiatan sosialisasi di berbagai daerah terutama pada daerah yang terpelosok agar mereka dapat mengetahui apa itu narkoba serta dampak dari penyalahgunaan narkoba sehingga harapan untuk remaja yang akan menjadi  generasi yang cerdas serta tangguh di masa yang akan datang dapat terealisasikan dengan baik.


Nama Penulis : MUHAMMAD RIF’AT
Stambuk          : B 501 14 053
Kelas               : B
Jenis Tugas      : ARTIKEL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar