Sabtu, 14 November 2015

Tempat Wisata yang Indah





Pesona  Pusat Laut Donggal sebagai Tempat Wisata



Sumber foto www.utiket.com
           
      Tempat  wisata yang sangat mempesona dan unik menjadi pemikat para wisatawan untuk mengunjunginya sehingga tempat ini menjadi pilihan para wisatawan saat musim liburan tiba. Tempat ini terletak di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah . Tempat wisata ini di kenal dengan nama Pusat Laut Donggala.
            Saat pertama kali wisatawan berkunjung ke tempat wisata Pusat Laut Donggala,  wisatawan akan terkejut dengan ke unikkan yang di suguhkan oleh tempat ini sehingga para wisatawa dapat menikmatinya dengan senang. Tempat ini berbentuk sebuah sumur raksasa yang terbentuk secara alami dan sumur ini terukir dengan bebatuan-bebatuan. Sumur raksasa ini terletak sekitar 10 meter dari tepi pantai dan memiliki lebar sekitar 10 meter dan memiliki kedalaman sekitar 7 meter dari permukaan tanah.  Air di dalamnya berwarna biru jernih dan berasa asin seperti air laut dan uniknya, air di dalam sumur raksasa ini tidak pernah keruh meskipun banyak wisatawan yang menggunakannya untuk berenang ataupun menyelam.
            Sumur raksasa memiliki keunikan yan lain yaitu apabila air laut sedang surut air di dalam sumur ini akan psang dan ketika air laut sedang pasang air di dalam sumur ini akan surut, sungguh keajaiban yang di suguhkan sumur raksasa ini sangat jarang kita temukan di tempat wisata yang lain. Banyak wisatawan membawa pulang air yang berada di dalam sumur ini sebagai oleh-oleh karena masyarakat setempat mempercayai bahwa air yang di sumur raksasa ini dapat mengobati segala penyakit. Wisatawan mengambil air di sumur raksasa dengan bantuan dari anak-anak setempat yang sedang berenang di dalamnya namun wisatawan memberi upah kepada anak-anak itu.
            Pusat Laut letaknya tidak berjauhan dengan tempat wisata Tanjung Karang sehingga para wisatawan bingung untuk memilih tempat wisata yang mereka tuju karena kedua tempat ini masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Fasilitas yang berada di Pusat Laut Donggala dan sekitarnya sangat memadai untuk para wisatawan yang akan berkunjung di tempat ini karena pemerintah setempat telah mengelolahnya dengan baik agar tempat ini dapat menjadi pilihan wisatawan saat musim liburan. Tersedia juga penginapan dan tempat makan di lokasi ini bagi wisatawan yang ingin menginap untuk menikmati suasana tempat wisata Pusat Laut lebih lama.
            Tempat wisata ini sangat mudah di jangkau karena masih berada di kawasan Tanjung Karang Donggala dan jaraknya dari pusat kota Palu sekitar 45 kilometer sebelah utara. Apabila wisatawan ingin berkunjung ketempat ini menggunakan kendaraan pribadi waktu yang akan di tempuh sekitar 1 jam di perjalanan dan jika wisatawan tidak tahu arah ke tempat ini, wisatawan hanya mengikuti papan penunjuk arah yang menginformasikan lokasi Tanjung Karang Donggala karena tempat wisata Pusat Laut donggala berdekatan dengan Tanjung Karang Donggala.
           
Nama Penulis              : MUHAMMAD RIF’AT
Stambuk                      : B 501 14 053
Kelas                           : B
Jenis Berita                  : FEATURE NEWS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar